Senin, 05 Oktober 2015

Membahas Perusahaan AMD


TUGAS 1 PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

NAMA : DIMAS CIPTA SUMIRAT
KELAS : 4IA25
NPM : 52412123


PROFIL PERUSAHAAN AMD


Advanced Micro Devices, Inc. atau yang biasa dikenal dengan AMD merupakan salah satu perusahaan semikonduktor yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini mengembangkan prosesor dan teknologi yang terkait dengan komputer untuk pasar konsumen dan komersial. Produk-produk utamanya yakni mikroprosesor, chipset motherboard, prosesor grafis untuk server, workstation dan komputer pribadi, serta sistem aplikasi lainnya.


AMD berdiri sejak tanggal 1 Mei 1969 oleh sekelompok insinyur Fairchild. Dari kesepakatan yang ada bahwa mereka menetapkan Jerry Sanders sebagai CEO dari Advanced Micro Devices. Sanders menjalankan gayanya dalam posisinya sebagai CEO dari AMD. Dia tetap menjadi penjual yang ahli perusahaan tersebut, selalu hadir dalam negosiasi yang berat dan mendekati mereka. Sanders selalu ingin menghasilkan uang, tetapi dia juga sadar bahwa kunci untuk mendapatkan kekayaan adalah dengan membuat orang di AMD juga mendapatkan banyak uang juga. Semakin dia kaya, dia juga memberikan kekayaannya dengan royal kepada pegawainya. Maka dari itu AMD memiliki slogan “The future is fusion”.


AMD adalah pemasok mikroprosesor terbesar kedua setelah Intel berdasarkan arsitektur x86 serta menjadi salah satu pemasok terbesar dari unit pengolahan grafis. AMD merupakan satu-satunya pesaing signifikan untuk Intel dalam sektor prosesor (CPU) untuk pasar sentral dalam komputer pribadi. Pada tahun 2006, AMD mengakuisisi ATI yang semakin memperkokoh posisi perusahaan dalam sektor unit prosesor grafis.


Perusahaan kemudian dibantu oleh mantan eksekutif dari Lenovo yakni Rory Read untuk bergabung dengan perusahaan sebagai CEO terhitung sejak bulan Agustus 2011. Pada bulan November 2011 perusahaan memberhentikan lebih dari 10% karyawan yang berada di seluruh divisi perusahaan terkait dengan rencana penghematan biaya dalam pengembangan perangkat keras komputer daya rendah. Selanjutnya memasuki awal tahun 2012, AMD telah mengakuisisi produsen server daya rendah yakni SeaMicro sebagai strategi dalam pengembalian pangsa pasar dalam industri chip server. Hingga saat ini, perusahaan telah hadir di lebih dari 50 negara yang tersebar di seluruh dunia dengan bantuan lebih dari 10.000 orang karyawan yang berdedikasi dalam pengoperasian di hampir dari 500 pabrik.


AMD merupakan salah satu perusahaan IT dunia yang memproduksi beberapa perangkat keras komputer dan system untuk komputer, seperti:
- Prosesor komputer
- MicroProsessor
- Video Graphics Adapter (VGA)


Perkembangan processor pada AMD diantaranya:

1. AMD K5




Awalnya dibuat supaya dapat bekerja pada semua motherboard yang mendukung Intel. Pada waktu itu tidak semua motherboard dapat langsung mengenali AMD dan harus dilakukan Upgrade BIOS untuk bisa mengenali AMD.


2. AMD K6


Generasi ke-6 dengan peforma tinggi dan dapat diinstalasi pada motherboard yang mendukung Intel Pentium. Beberapa model AMD K6 : AMD K6, AMD K6-2, AMD K6-III.


3. AMD Duron



AMD Duron merupakan keluarga processor versi murah yang dikenal pada tahun 2000, dengan code nama Spitfire yang dibuat berdasarkan Core Thunderbird. AMD Duron merupakan versi AMD Athlon yang “diringkas”


4. AMD Athlon


merupakan pengganti dari mikroprocessor seri AMD K6. Prosessor ini merupakan aksi come-back AMD ke pasar industry mikro-processor high-end dan membuat dua jenis processor yaitu :Single-Processor (AMD Athlon), dan Multiprocessor (AMD Athlon Profesional).


5. AMD Athlon 64



memiliki 3 varian socket yang berbeda yaitu socket 754, 939, dan 940. Ini merupakan processor pertama yang kompatibel terhadap komputasi 64 bit. dan menggunakan teknologi AMD 64 yang bisa bekerja pada SO dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit.


6. AMD Athlon 64 FX


Processor ini memiliki 2 karakter penting :

a. Dapat bekerja pada SO dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit dengan kecepatan penuh. Menawarkan perlindungan virus yang disebut Ehanced Virus Protection ketika dijalankan diatas platform Windows XP Service Pack 2 (SP2) maupun Windows XP 64 Bit edition.

b. System PC yg berbasis AMD Athlon 64 FX sangat cocok bagi para pengguna PC yang antusias, penggemar olah Video-Audio (multimedia) dan para pemain Game.


7. AMD Sempron



Ini mulai di pasarkan pada tahun 2004 sebagai pengganti processor AMD Duron dipasar komputer murah, untuk bersaing dengan processor Intel Celeron D. AMD Sempron terbagi menjadi 2 jenis, yaitu : AMD Sempron Soket A dan AMD Sempron Soket 754.


8. AMD 64 X2 Dual Core




Dibuat untuk menyaingi intel dengan processor Core Duo nya. Tetap berbasis teknologi 64 bit, processor ini ditujukan bagi kalangan pengguna media digital yang intensif. processor ini dilengkapi dengan teknologi seperti HyperTransport yang mampu meningkatkan kinerja system secara keseluruhan dengan menyingkirkan bottlenecks pada level input output, meningkatkan bandwith, mengurangi latency system.


9. AMD Opteron



Processor ini 64 Bit yang dirilis untuk pasar workstation dan server pada musim semi 2003. di tahun 2008 AMD juga akan meluncurkan AMD Opteron Quad Core, processor AMD Opteron Quad Core menggunakan 4 inti mampu mendukung fully buffered DIMM dan menambahkan satu level L3-Cache.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar