Jumat, 20 Maret 2015

PENGANTAR TEKNOLOGI GAME



NAMA : DIMAS CIPTA SUMIRAT

NPM : 52412123

KELAS : 3IA25




TUGAS SOFTSKILL 1

PENGANTAR TEKNOLOGI GAME

PENGERTIAN GAME
Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan, misalnya skor yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
Kata “video” pada “permainan video” pada awalnya merujuk pada piranti tampilan raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah “video game”, kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada piranti tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan.

SEJARAH PERKEMBANGAN GAME
Asal usul permainan video/video game terletak pada awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam permainan sederhana lainnya di era tahun 1950-an.  Pada akhir 1950-an dan melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan (kebanyakan di komputer mainframe), secara bertahap tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya pu turut bertambah. Setelah periode ini, video game menyimpang ke berbagai platform: arcade, mainframe, konsol, pribadi komputer dan kemudian permainan genggam.
Perusahaan komersial pertama konsol permainan video adalah Computer Space pada 1971, yang meletakkan dasar bagi industri hiburan baru di akhir 1970-an di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa.  tapi ini perusahaan tidak bertahan lama ini sebagian besar disebabkan oleh banjir dari video game yang datang ke pasar mengakibatkan keruntuhan total industri game konsol di seluruh dunia, akhirnya menggeser dominasi pasar dari Amerika Utara ke Jepang. Tapi inihanya mempengaruhi pasar game konsol, pasar game komputer sebagian besar tidak terpengaruh.  Generasi selanjutnya dari konsol video game akan terus didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang.  Walaupun beberapa upaya akan dilakukan oleh Amerika Utara dan perusahaan-perusahaan Eropa, generasi keempat konsol, usaha mereka pada akhirnya akan gagal.
Tidak sampai generasi keenam konsol permainan video akan non-perusahaan Jepang merilis sebuah sistem konsol sukses secara komersial. Pasar telah mengikuti jalan yang sama dengan beberapa kali gagal dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Amerika yang semuanya gagal di luar beberapa keberhasilan terbatas dalam permainan elektronik genggam sejak dini.  Saat ini hanya perusahaan-perusahaan Jepang memiliki sukses besar konsol game handheld, walaupun dalam beberapa tahun terakhir permainan genggam telah datang ke perangkat seperti ponsel dan PDA.

Generasi Pertama

Pada generasi pertama ini muncul di tahun 1972, jadi pada tahun tersebut ada sebuah perusahaan bernama "Magnavox" meluncurkan alat pertama yaitu "Odyssey dan game permainannya game "Pong". Tetapi perusahaan ini akhirnya tutup dikarenakan perusahaan "Atari" memproduksi  game "Pong" dalam mesin ding dong dengan nama "Sears. Dan akhirnya Magnavox mengikuti jejak Atari yaitu memproduksi mesin ding dong dengan nama "Odyysey100.

Generasi Kedua

Pada generasi ini banyak perusahaan yang mulai memproduksi game-game, tetapi tetap saja game-game tersebut tidak populer, tidak ada peminatnya. Sehingga banyak perusahaan yang gulung tikar dan tersisa perusahaan Magnavox dan Atari lagi. 
Magnavox membuat game konsol bernama Odyysey 2 tetapi amat disayangkan game tersebut tidak ngehits sama seperti Odyysey 1. Dan Atari pun berhasil membuat game konsol yang menjadi hits di tahun 1978 bernama "Atari 2600.

Generasi Ketiga

Nah pada akhir tahun 1983 ini juga perusahaan Jepang bernama "Famikom" meluncurkan game konsol bernama Famikom/Nintendo Entertainment System (NES). Nes tidak hanya merambah di Jepang saja, Nes memperluasnya hingga ke Amerika. 

Generasi Keempat

Setelah sukses membuat NES, pada tahun 1990 Famikom membuat versi terbarunya yaitu SNES (Super Nintendo Entertainment System). Tidak hanya Nintendo dikala itu, Nintendo mempunyai saingan yang sangat berat yaitu SEGA. SNES di perkuat oleh game Mario Brothers dan SEGA di perkuat game "Sonic the Hedgehog", sebenarnya banyak game yang sama antara SEGA dan SNES.

Generasi Kelima

Generasi ini, generasi yang saya rasakan yaitu Sony Playstation game console 32bit.

Generasi Keenam

Setelah Nintendo dan Sega jatuh, dunia konsole dipegang oleh Sony, dan Playstation merajai dunia game dikala itu. Setelah sukses dengan Playstation 1 (PS 1) nya. Sony kembali merilis PS 2 yang sudah berbasis DVD. Dan ternyata Nintendo belum menyerah ia kembali merilis GameCube. Yaitu Game konsol yang menggunakan DVD berukuran 8 cm. Ternyata gamecube tidak ngehits, dan tetap Sony yang bertahan. Satu-satunya pesaing Sony adalah Xbox, game konsole buatan Microsoft, yang mempunya visual yang tajam dan berkualitas. Tapi tetap saja Xbox tidak semenarik Playstation buatan Sony.

Generasi Ketujuh



Generasi ini sama seperti sebelumnya yaitu pesaing perusahaannya sama, hanya mengupgrade game-gamenya. Sony merlis PS 3, Nintendo merilis Nintendo Wii, dan Microsoft merilis Xbox 360.

Generasi Game Mobile dan Online
Nah ini generasi game yang lagi heboh sekarang, banyak game yang berkembang apalagi sekarang zamannya smartphone, dan PC. Semua game di generasi sebelumnya pun ada di dalam Smartphone Android, Windows Phone, Iphone, dan belum lagi game-game tersebut bisa online, jadi bisa menghubungkan 1 player dengan player lainnya. Sama Halnya Game Onlie Di PC, sudah menggunakan teknologi grapics yang canggih untuk menampilkan gambar yang lebih animatif dan terlihat seperti nyata.

HAL - HAL YANG DIBUTUHKAN DALAM PEMBUATAN GAME
1.       Harus ada software, hardware dan brainwarenya.
2.       Menentukan Spesifikasi Game
Misalnya dengan menentukan game yang akan dibuat 2D atau 3D lalu, berapa rentan usia yang di targetkan dalam game yang akan dibuat. Lalu tentukan juga berdasarkan settinganya, bagaimana strategi yang digunakan.
3.       Menentukan Alur Game
Dalam pembuatan game diperlukan penentuan jalan cerita dari game yang akan kita buat, contohnya dengan seperti penentuan di berbagai level. Lain halnya ketika kita membuat game yang berbasis animasi/film. Hal-hal yang harus kita ketahui jika kita memilih game yang berbasis animasi/film-film adalah dimana tempatnya, bagaimana cara mengalahkannya, berapa musuhnya, dll.
4.       Mencari bahan-bahan yang dibutuhkan
Bahan-bahan yang digunakan yaitu gambar-gambar, efek-efek, dan juga musik atau backsound.
5.       Implementasi Program
Disini lah inti dari pembuatan game, yaitu pengkodingan atau mengimplementasi ke dalam program. Pada tahap ini di butuhkan pemahaman tentang pemograman yang berorientasi objek, grafika komputer dan juga pengetahuan tentang bahasa pemograman tersebut.
6.       Mencoba dan Perbaikan program
Ini adalah tahap akhir dari semua perjalanan pembuatan game yaitu pengecekan program aplikasi game yang anda buat. Dalam tahap ini pengecekan yang dilakukan sebaiknya dilakukan oleh orang lain, agar kita dapat mengetahui pendapat orang lain.

JENIS - JENIS GAME

§  RPG (Role Playing Game)
yaitu salah satu game yang mengandung unsur experience atau leveling didalamnya. Jadi game ini isinya player bebas kemanapun mereka pergi dalam game tersebut. Game RPG dibagi menjadi 2, yaitu : Action RPG dan Turn Based RPG. Game RPG yang terkenal itu Final Fantasy
§  FPS (First Person Shooting)
yaitu game yang berbasis tembak-tembakan, cirinya player menjadi sudut pandang dalam gamenya. COntoh gamenya Counter Strike, Point Blank, dll
§  Third Person Shooter
game ini sama seperti game FPS hanya saja player menjadi orang ketiga dalam game tersebut. Contohnya Ghost Recon Phantoms
§  Strategy
yaitu game dengan genre game yang mengatur unit pasukan untuk menyerang musuhnya, dalam game ini player dituntut menang dengan menggunakan strategy. Contoh game ini Age of Empire, Warecraft 3
§  Simulation
yaitu game dengan realisme, jadi game ini mengajar sesuatu atau simulasi. Contoh game ini Racing, Parkir, sampai Bus Simulatorpun sudah ada
§  Tycoon
Game yang cara bermainnya player sebagai seorang bisnismen yang mengembangkan sesuatu hingga laku dipasaran. Contohnya Diner Dash
§  Racing
Game balap-balapan ini, balap motor, mobil, ataupun pesawat tempur. Contohnya Need for Speed
§  Action Adventure
yaitu game yang berupa petualangan yang penuh dengan aksi dalam game tersebut. Biasanya game ini dikaitkan dengan game RPG.
§  Arcade
Game yang tidak terfokus dalam ceritanya, game ini berfokus dalam nilai tertinggi atau highscorenya.
§  Fighting Game
Game yang bergenre bertarung, sama seperti arcade. Game ini biasanya One on One Contohnya Tekken
§  Sports
yaitu game yang bergenre olahraga. Sistem dalam game tersebut berbeda-beda tergantung olah raganya. Contohnya PES, FIFA.

SOFTWARE – SOFTWARE PEMBUATAN GAME
·         Adventure Maker Free Edition
·         3D Game Studio
·         Adventure Game Studio
·         RPG Maker VX
·         Game Maker


Tidak ada komentar:

Posting Komentar