Nama : Dimas Cipta Sumriat
NPM : 52412123
Kelas : 3IA25
1.
Pengaruh
Kebudayaan dan Teknologi dalam Desain Pemodelan Grafis
Dalam
membuat desain pemodelan grafis, tentunya ada unsur-unsur yang berpengaruh dan
sangat membantu desainer dalam membuat sebuah model grafik. Diantara banyak
unsur, ada dua unsur yang sangat berpengaruh, yaitu, kebudayaan dan teknologi.
Pengaruh
Dalam Kebudayaan
Seorang desainer dapat menggunakan berbagai macam cara untuk dapat
menyampaikan arti dari sebuah desain (gambar) itu sendiri, dan biasanya dapat
memanfaatkan berbagai macam norma – norma budaya bersama, nilai – nilai,
sejarah dan bahasa. Penggunaan sebuah symbol dari masa lalu untuk mendukung
suatu sudut pandang tertentu yang memiliki sebuah arti. Kebudayaan juga dapat
digunakan dalan desain pemodelan grafis yang dapat juga diartikan sebagai
sebuah jati diri dari seoraang desainer tersebut dengan maksud yang tidak
sengaja.
Jadi pada intinya pengaruh dari kebudayaan dan teknologi juga
dapat berkembang pada suatu desain pemodelan grafis, budaya akan digunakan
sebagai salah satu sumber pemikiran untuk mengembangkan suatu desain grafis
yang menarik dan mengantuk sebuah arti atau makna yang sangat kuat, banyak
sekali kebudayaan kita yang sangat menarik dan dapat digunakan sebagai desain
grafis. Kita ambil contoh kebudayaan dalam hal kerajinan kain daerah, kerajinan
kain daerah ini merupakan warisan dari nenek moyang kita yang sangat indah
sekali dan dapat mengandung arti yang sangat indah, yang dapat dijadikan
sebagai sumber pemikiran dalam membuat desain grafis, seperti kain batik, dan
kain songket yang memunyai motif dan warna yang berbeda – beda yang sangan
indah sekali.
Pengaruh
Dalam Teknologi
Teknologi juga dapat mempengaruhi berbagai macam desain yang akan
diproduksi dan juga dapat berpengaruh juga dalam perkembangan di dalam sebuah
gaya, seni, dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercemin
dalam sebuah bentuk desain, sebuah teknologi juga dapat menawarkan seorang
desainer dengan berbagai macam media yang dapat dipakai dalam proyek – proyek
atau tugas –tugas yang sedang mereka kerjakan.
Jadi pada intinya teknologi juga memiliki peranan (andil) yang
cukup besar didalam perkembangan desain grafis, dengan perkembangan sebuah
teknologi yang semakin maju, maka semakin mudah kita untuk menciptakan suatu
karya dalam desain grafis dengan waktu yang singkat, yang otomatis dapat juga
menghasilkan banyak sesain grafis yang akan menjadi lebih efisien.
2.
Bidang
Studi yang Relevan dengan Desai Pemodelan Grafis
·
Psikologi
Psikologi
perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia,
persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model
proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam
metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia. Pengalaman
psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif
dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.
·
Ergonomi
Ergonomi
dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan
didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat
kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek
fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
·
Sosiologi
Sosiologi
dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem
manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
·
Antropologi
Antropologi
(Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer.
Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di
kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam
aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim
kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
·
Teknik
Elektronika
Ilmu
ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer.
Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak
terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi
perangkat keras, juga harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem
aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang
utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.
·
Ilmu
Bahasa
Komunikasi
manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis
bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa
barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa
grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya
bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan
digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog
manusia-komputer. Teori komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon,
1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi
jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.
3.
Manfaat
Desain Pemodelan Grafik Dalam Berbagai Bidang
·
Budaya
Desain
pemodelan grafis dalam hal hal budaya dapat diliat pada pahatan batu-batu candi
di Indonesia, tenun, dan desain gambar pada batik. Pada pahatan batu-batu
candi, biasanya terdapat gambar-gambar mengenai kehidupan manusia pada masa
lalu atau kisah mengenai sejarah candi tersebut. Sedangkan untuk batik, gambar
yang disediakan berasal dari binatang, tanaman, bahkan hingga bentuk manusia,
awan, relief, dan logo tim sepak bola. Jadi, dapat disimpulkan bahwa desain
pemodelan grafis pada bidang budaya berguna untuk menggambarkan sejarah dan
nilai seni dalam budaya tersebut.
·
Pendidikan
Grafik
komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada
siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya. Dengan
penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua
materi yang telah diajarkan, tidak hanya teori saja tetapi dapat pula melihat
bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang,
grafik, gambar kerangka manusia, susunan tubuh manusia, dan sebagainya.
·
Hiburan
Tidak
memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di televisi banyak menggunakan
grafik komputer. Mulai dari film kartun, iklan, sampai sinetron
sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer disini berupa
efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
·
Perancangan
Pada
bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model
objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur
bangunan, desain kendaraan, dan lainnya. Menggunakan software desain grafis
seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik
dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga
akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
·
Teknologi
Desain
grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai
tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga
mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni, dan masyarakat secara keseluruhan,
yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan
desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar