Kamis, 10 Oktober 2013

INTERNET

Internet merupakan hasil perkembangan teknologi informasi dan komunikasiyang sangat berguna bagi kehidupan umat manusia.


Apa itu Internet?

Internet merupakan dunia baru yang penuh pesona. Sejak diciptakan tahun 1970-an, Internet terus memikat untuk dieksplorasi, digali, serta dikembangkan oleh para ahli dan pemerhati teknologi. Selain sangat terkenal di berbagai kalangan, Internet juga mudah digunakan oleh siapapun., bahkan mereka hanya memiliki pengetahuan relatif minim.Internet dapat pula menjadi ajang untuk bergaul yang murah, tempat mencari informasi tentang duniahiburan, pendidikan, dan lowongan kerja yang terkini karena para penyaji informasi memiliki kepentingan untuk selalu memperbaharui informasi yang disajikannya di Internet.

Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antarjaringan komputer (network). Sedangkan network sendiri berarti suatu sistem komunikasi data antarkomputer. Contoh jaringan komputer yang paling sering ditemukan adalah LAN (Local Area Network). Gambaran sederhana dari Internet adalah beberapa komputer dihubungkan satu sama lain sehingga membentuk jaringan komputer (network). Kemudian, sejumlah network dihubung-hubungkan lagi sehingga jadilah Internet.


Internet berasal dari impian J.C.R Lickider (1915-1990) seorang psikolog di Massachussets Instittute of Technology. Impianya itu tentang Galactic Networks di awal tahun 1960-an yang kemudian dapat terwujud setelah ia bekerja di Advanced Research Project Agency(ARPA) di Pentagon.

Untuk mengakses Internet, sebuah kompter harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan Internet atau Internet Service Provider (ISP). Hubungan (koneksi) antara komputer pengguna dengan komputer server perusahaan ISP tersebut biasanya dilakukan lewat jaringan telepon (dial up) dengan menggunakan peralatan modem. Internet telah memungkinkan komunikasi antarkomputer dengan menggunakan TCP (Transmision Control Protocol) atau IP (Internet Protocol) disingkat (TCP/IP) yang didukung media komunikasi seperti satelit dan paket radio. Jadi, jarak jangkauannya tidak terbatas.

Bagaimana Sejarah Perkembangan yang terjadi pada Internet?

Internet yang dikenal pada saat ini merupakan pengembangan sebuah jaringan yang disebut ARPANet (Advanced Research Projects Agency). ARPANet dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sejak 1969. Pada awal 1980-an, ARPANet terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANet dan MILNet (Jaringan Militer Rahasia) akan teteapi keduanya masih mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan.

Pada mulanya, jaringan ini disebut DARPA Internet, tetapi kemudian disebut sebagai Internet saja. Awal penggunaan akses Internet hanya terbatas untuk kalangan militer, Departemen Pertahanan dan Perguruan Tinggi. Namun, setelah dibukanya layanan USENet dan BITNet, Internet dapat diakses melalui komputer pribadi.

Pada 1990, Internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada masa ini, World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Swiss). Barulah pada 1992 muncul World Wide Web pertama dengan nama Violayang diluncurkan oleh Pei Wei. Berikutnya InterNIC didirikan pada 1993 untuk menjalankan layanan pendaftaran domain.

Penggunaan Internet secara komersial dimulai pada 1994 oleh perusahaan Pizza Hut, dan Internet Banking pertama kali dipublikasikan oleh First Virtual. Pada masa ini, masyarakat di Indonesia mulai menikmati penggunaan Internet secara komersial. Setahun kemudian, Compuserve, America Online, dan Prodigy mulai memberikan layanan akses ke Internet bagi masyarakat umum.

Apa Keunggulan dan Kelemahan Internet?

1. Keunggulan Internet

- Jangkauan bersifat umum, artinya tidak mengenal tempat, waktu dan jalur birokrasi.
- Akses Internet tidak dibatasi waktu, artinya Internet dapat diakses online selama 24 jam dalam sehari.
- Efektifitas dan efisiensi dalam menyelesaikan pekerjaan karena dapat membantu mecari informasi.
- Komunikasi melalui Internet dengan pengguna lain yang berada ditempat yang jauh lebih interaktif dan fleksibel.

2. Kelemahan Internet

- Adanya penyebaran virus komputer melalui Internet.
- Banyaknya pengguna yang mengakses Internet dalam waktu bersamaan akan memperlambat akses Internet.

Sumber/Daftar Pustaka : Siswanto, Novyan & Efendi, Akfen, dkk. 2009. Satelit TIK Teknologi dan Informasi Komputer. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional Tahun 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar