Jumat, 05 Oktober 2012

Cesc Fàbregas


Francesc "Cesc" Fàbregas Soler lahir di Vilessoc de Mar, Casal de Curacion, Spanyol, 4 Mei 1987 (umur 25 tahun), atau lebih dikenal dengan nama Cesc Fàbregas, adalah pesepak bola asal Spanyol. Cesc Fàbregas bermain sebagai gelandang untuk FC Barcelona di kompetisi Liga Spanyol (La Liga) dan juga untuk tim nasional sepak bola Spanyol.

Fabregas memulai kariernya sebagai pemain bola di Barcelona yang kemudian di rekrut oleh Arsene Wenger, manajer Arsenal FC pada 11 September tahun 2003. Dia tidak selalu tampil bermain untuk The Gunners (sebutan Arsenal FC) pada musim pertamanya, tetapi menyusul dengan cederanya para pemain gelandang inti di musim 2004-2005, kesempatan bermainnya untuk Arsenal bertambah. Tidak lama kemudian, dia mendapatkan kepercayaan untuk menjadi pemain inti gelandang tengah bersama Gilberto Silva.

Setelah menjadi pemain inti pada usia muda, dia berhasil memecahkan beberapa rekor klub yaitu mempunyai reputasi sebagai pemain yang memiliki bakat dengan teknik yang bagus, pengoper bola yang sangat baik, dan menjadi pemain kunci pada Timnya. Saat Gilberto Silva berfungsi sebagai pemain bertahan, Fabregas mempunyai fungsi utama sebagai pengatur serangan atau playmaker.

Fabregas mulai bermain sepak bola di Barcelona. Selama kariernya di tim junior, dia selalu bermain sebagai gelandang bertahan atau dengan istilah Spanyol Volante. Walaupun menjadi pencetak gol yang cukup subur karena berhasil mencetak lebih dari 30 gol dalam satu musim, namun dia tidak pernah memperoleh kesempatan bermain dalam tim inti di Camp Nou. Merasa kesempatan bermainnya terbatas jika dia tetap di FC Barcelona maka dia memutuskan untuk bergabung dengan Arsenal, dengan menandatangani kontrak klub London tersebut pada tanggal 11 September 2003.

Fabregas akhirnya memilih kembali ke klub asalnya, FC Barcelona dan resmi menjadi pemain setelah proses transfer yang alot antara kubu Barcelona dan Arsenal. Ia mengikat kontrak dengan FC Barcelona sampai tahun 2016 dengan klausul buy-out dirinya seharga 200 juta euro.Pertandingan debutnya terjadi ketika ajang Piala Super Spanyol melawan Real Madrid. Ia dimasukkan menit ke 83 untuk menggantikan Pedro. Gol pertamanya ia cetak saat ajang Piala Joan Gamper sekaligus menghantarkan Barcelona menjadi juara setelah mengalahkan SSC Napoli 5-0. Ia juga turut menyumbang satu gol pada pertandingan UEFA Super Cup dan pada pertandingan pekan pertama Liga Spanyol saat Barcelona membantai Villarreal 5 gol tanpa balas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar